Jumat, 20 Juni 2014

Tugas 4-Proses penyusunan karangan ilmiah


Proses penyusunan karangan ilmiah

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
   Indonesia pada era globalisasi ini, mengalami perubahan yang sangat pesat pada bidang teknologi informasi, karena adanya kebutuhan akan informasi yang sangat penting itulah maka internet yang merupakan gudangnya dari setiap informasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia pada saat ini. Seperti yang kita ketahui internet merupakan suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer lokal dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan-jaringan tersebut.
   Pada saat ini internet tidak hanya dibutuhkan oleh para pelajar, mahasiswa ataupun pekerja kantoran saja, tetapi di semua usia dan semua bidang pekerjaan telah menggunakan internet sebagai wadah sarana informasi dan juga internet tidak hanya dibutuhkan untuk mencari informasi, tetapi juga bagi para wirausahawan, internet dijadikan tempat untuk mempromosikan barang ataupun produknya yang mereka jual secara online, karena dengan melalui internet biaya untuk mempromosikan barang ataupun jasa akan lebih mudah dan juga lebih murah.
   Warung internet atau yang biasa disingkat warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya pengguna dikenakan biaya perjam atau lebih, sesuai lama penggunaannya. Kebanyakan warnet dibuka di lahan yang dekat dengan tempat pendidikan, seperti sekolah, tempat les, atau kampus. Sehingga, penggunanya pun tidak jauh dari siswa/siswi, mahasiswa, guru, atau dosen yang secara kebetulan atau tidak membutuhkan jasa internet. 
   Tetapi, ketika perkembangan teknologi telah merambah keseluruh penjuru, warnet pun merambah keseluruh pelosok pemukiman, dan tempat-tempat yang sebelumnya tidak diperkirakan dapat dijadikan sebagai lahan untuk membuka usaha warung internet. Oleh karena itu, pengguna warnet menjadi semakin luas, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Hal ini dikarenakan, kebutuhan internet yang semakin naik dari yang tadinya kebutuhan senggang menjadi kebutuhan yang memang harus dipenuhi untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, akurat dan terkini atau teraktual. 
   Mengingat begitu banyak fasilitas dan kegunaan dari internet, maka tidak heran jika begitu banyak masyarakat yang memasang jaringan internet. Dan bahkan masyarakat yang tidak mampu untuk memasang jaringan tersebut dapat menikmati informasi yang didapat dari internet dengan pergi ke warnet. Di warnet kita dapat mencari informasi sambil makan dan minum seperti dirumah. Karena biasanya pihak warnet akan membuat konsumen senyaman mungkin sehingga konsumen akan betah berlama-lama menggunakan fasilitas internet yang disediakan. Bahkan ruangannya ditata unik dan dilengkapi dengan AC. Namun semakin lama makin banyak pula orang-orang yang mulai mendirikan usaha warnet, karena perolehan keuntungan yang bisa didapat dalam jangka waktu yang relatif cepat. 
   Berdasarkan berbagai latar belakang diatas, maka saya sebagai penulis tertarik untuk menyusun Penulisan Ilmiah ini dengan judul " ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN DI WARNET ZIAH-NET ".

1.2 Rumusan dan Batasan Masalah

1.2.1 Rumusan Masalah
   Berdasarkan latar belakang yang telah dibahas sebelumnya, peneliti akan mengangkat permaalahan ini berupa : Bagaimanakah tingkat pelayanan, fasilitas, kenyamanan, dan harga yang diberikan oleh warnet Ziah-Net kepada pelanggannya?

1.2.2 Batasan Masalah
   Aspek penentu tanggapan konsumen pada penelitian ini terbatas pada 4 dimensi kualitas servis yaitu : pelayanan, fasilitas, kenyamanan dan harga dengan periode waktu bulan April-Mei 2013 melalui penyebaran kuesioner pada 100 (seratus) konsumen yang datang ke warnet Ziah-Net yang beralamat di Kp. Markan No. 50 Rt 002 Rw 041 Kel. Bojong Rawa Lumbu Kec. Rawa Lumbu Bekasi.

1.3 Tujuan Penelitian
   Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ilmiah ini adalah :
1. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan, fasilitas, kenyamanan dan harga yang diberikan oleh warnet Ziah-Net.
2. Mengidentifikasi dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen pada warnet Ziah-Net.

1.4 Manfaat Penelitian
1. Manfaat Akademis
    Sebagai bahan masukan informasi untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen yang telah mengunjungi warnet Ziah-Net.
2. Manfaat Praktisi
    Dapat menambah wawasan bagi para peneliti berikutnya, khususnya dibidang manajemen terutama dalam masalah analisa kepuasan konsumen menggunakan metode chi-square sebagai salah satu alat analisa untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen.

  Untuk mencapai tujuan dari penulisan ilmiah ini sudah tentu diperlukan suatu cara dalam mengolah data yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode :
a. Observasi dan Survei
   Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam rangka penulisan ilmiah ini penulis mendatangi langsung dan melakukan pengamatan, serta menyebarkan kuesioner yang berisi tentang pertanyaan-pertanyaan kepada masyarakat dan mengajukan berbagai pertanyaan secara tertulis maupun lisan.
b. Metode Sampling dan Metode Analisis
   Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah Non Probability Sampling dan dengan menggunakan metode kuesioner dsebagai metode analisis.

1.5 Metode Penelitian

1.5.1 Objek Penelitian
    Usaha warnet yang menjadi objek penelitian ini terletak didaerah Kp. Markan No. 50 Rt.002 Rw.041 Kel. Bojong Rawa Lumbu Kec. Rawa Lumbu Bekasi. Usaha ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen mengenai layanan internet.

1.5.2 Data / Variabel
    Penulis menggunakan data-data dari kuesioner yang telah diisi oleh konsumen yang mengunjungi warnet Ziah-Net pada tahun 2013.

1.5.3 Metode Pengumpulan Data / Variabel
    Dalam penulisan ilmiah ini, penulis mengumpulkan dan mengolah data dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner kepada 100 (seratus) orang pengunjung.

1.5.4 Hipotesis
Ho : Konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh warnet Ziah-Net.
Ha : Konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh warnet Ziah-Net.

1.5.5 Alat Analisis Yang Digunakan
a. Skala Likert
   Variabel ini diukur dengan menentukan penyebab perilaku konsumen dalam memilih warnet. Dengan menggunakan skala likert, yaitu skala yang memberikan skor 1-5 untuk mengetahui derajat responden terhadap serangkaian pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner, dimana skala tersebut mempunyai susunan sebagai berikut :
5 berarti Sangat Puas
4 berarti Puas
3 berarti Cukup Puas
2 berarti Kurang Puas
1 berarti Tidak Puas

b. Metode Chi-Square
   Chi-Square adalah pengujian hipotesis mengenai perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar terjadi atau aktual dengan frekuensi harapan atau ekspektasi yang didasarkan atas hipotesis tertentu.

0 komentar:

Poskan Komentar