Sabtu, 17 Maret 2012

Softskill-Manusia dan Keindahan



“ Manusia dan keindahan “





Keindahan yang telah kita miliki di bumi dan negara tercinta kita ini sungguh luar biasa dan tiada taranya, sungguh manusia terkutuk  jika kita tidak merawat dan menjaga keindahan yang telah diberikan oleh Sang Pencipta kepada umatnya. Keindahan juga bisa kita artikan  sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingin tahuan tentang hal tersebut semakin terus bertambah. Contohnya jika kita bermusik, kita akan semakin mencari ‘feel’ apa yang cocok untuk hati kita,  (seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia), sementara proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman.

Berbicara keindahan, apakah Anda menyadari keindahan-keindahan yang dipaparkan Al-Qur`an? Apakah Anda mempelajari fakta-fakta yang tertera dalam Al-Qur`an yang Allah turunkan kepada Anda sebagai pedoman hidup? Yang saya pelajari, Al-Qur`an menjelaskan kepada kita tentang latar belakang kehadiran umat manusia di muka bumi dan bagaimana seharusnya mereka hidup, sehingga kehidupan itu sesuai dengan maksud penciptaan tersebut. Al-Qur`an menjelaskan kewajiban kita kepada Allah dan bagaimana kita akan diberi pahala sesuai dengan amal perbuatan kita. Al-Qur`an-Kitab yang Allah turunkan kepada hamba-hamba-Nya yang mengabdi dengan kasih sayang-menyeru kita pada KEINDAHAN, kebenaran, kesucian, dan kebahagiaan abadi. Kualitas kesempurnaan Al-Qur`an ini terdapat dalam banyak ayat, "Sesungguhnya, pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang berakal. Al-Qur`an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman." (Yusuf [12]: 111) "Kitab (Al-Qur`an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa." (al-Baqarah [2]: 2).

Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan kebenaran, dan kebenaran adalah keindahan. Keindahan juga bersifat universal, artinya tidak terikat oleh selera perseorangan, waktu dan tempat, kedaerahan, selera mode, kedaerahan atau lokal. 

0 komentar:

Posting Komentar