Selasa, 08 April 2014

Tulisan 14-Kelebihan Ubuntu 12.10 dan Windows 8


Linux Ubuntu 12.10
Salah satu Distribusi Linux yang ternama adalah Ubuntu yang sekarang sudah merelease versi 12.10. Sangat banyak manfaat dan kelebihan Ubuntu ini dibandingkan Windows 7 atau bahkan Windows 8 sekalipun. Beberapa manfaat dan kelebihan Ubuntu 12.10 adalah :
1. Gratis. Ada dua cara untuk mendapatkan OS ini, pertama dengan download secara langsung melalui websitenya tanpa membayar atau, kedua membayar biaya pengganti untuk kepingan DVD ditambah biaya ongkos kirim. Dan setelah itu bisa diinstall disejumlah komputer tanpa perlu membayar lagi.
2. Isinya sangat lengkap, terdapat banyak aplikasi untuk Office, pengolah grafis dan aplikasi lainnya yang sangat bermanfaat.
  • Browsing : Mozila Firefox, Google Chrome, Baidu.
  • Aplikasi Office : Libre Office ( writer, Calc, Impress ) sebagai pengganti MS Office 2010. Evolution Mail untuk mengatur mail dan kontak. HomeBank untuk mengatur account secara cepat dan mudah, Adobe Reader untuk membaca file berformat PDF.
  • Social and Email : Thunderbird, Emphaty, Gwibber , Skype, Pidgin dan lainnya.
  • Music and Mobile : Rythmbox, Banshee, Audacity, Jokosher, Clementine.
  • Photo and Video : Mengorganisasi photo dan video secara mudah, Pengolah photo GIMP (pengganti Adobe Photoshop) dan Inkscape (pengganti adobe ilustrator), Video Player dan Edit Movie ( PiTiVi, Movie Player, Open Shot ). Dan masih ribuan lagi applikasi yang sangat bermanfaat. Semuanya itu serba gratis.
  • Mendapatkan Personal Cloud sebesar 5 GByte.
3. Mudah dipelajari. Tampilan antar mukanya menarik, tampilan desktopnya indah.
4. Lebih cepat dan keamanannya lebih terjamin dari serangan virus dan malware dibandingkan OS Windows. Bila anda sangat pening dengan banyaknya virus yang terus tumbuh menyerang dan celah lubang keamanan yang rentan pada Windows. Tidak demikian halnya dengan ubuntu. Jumlah virus relatip jauh lebih sedikit dan keamanan lebih terjamin.
5. Bisa dicoba secara langsung tanpa diinstall.  Bila tidak yakin, anda bisa mencobanya terlebih dahulu tanpa diinstall. Tinggal masukan Flashdisk atau DVD , tekan keyboard untuk memilih boot device, masuk dan jalankan OS Ubuntu . Langsung tampil dan anda bisa mencoba semua featuresnya. Bila sudah yakin akan manfaatnya tinggal install.
6. Instalasinya juga mudah dan cepat. Bila masih bingung, coba kunjungi websitenya lihat step by step cara instalasinya. Tidak rumit dan mudah.

Windows 8
1. Penampilan Lebih Dinamis
Sama seperti telepon seluler (ponsel) cerdas dan tablet, komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8 dilengkapi dengan fitur notifikasi dan informasi saat ini, terkait akun Anda di dunia maya. Misalnya saja kotak masuk surat elektronik (e-mail). Selain itu Anda juga akan otomatis terhubung dengan situs penyimpanan data milik Windows, Skydrive.
2. Sistem Pencarian Data Lebih Universal
Dengan Windows 8, Anda lebih mudah dalam mencari data yang diinginkan. Cukup mengetik nama data di tampilan awal, langsung muncul beberapa pilihan data yang terkait.
3. Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung
Anda memiliki banyak pilihan dan kemudahan untuk mendapat Aplikasi pendukung jika komputer Anda menggunakan sistem operasi Windows 8.


0 komentar:

Poskan Komentar