Kamis, 03 April 2014

Tulisan 3-Server di antara Dekstop


Setelah banyak memrpoduksi casing untuk pengguna desktop, PowerLogic berusaha menawarkan casing kelas server melalui seri Ultima. Untuk informasi, saat ini sudah terdapat tiga tipe Ultima dengan tipe terakhir diberi nama Ultima Tower. Casing ini memberikan daya tarik tersendiri dengan ciri khas PowerLogic, yaitu harganya yang menarik.


Sesuai dengan karakter casing server umumnya, Ultima Tower juga memiliki penampilan yang sangat sederhana tanpa banyak variasi pada casing ini. Hanya saja, panel depan yang diberikan sedikit menyegarkan mata dengan adanya garis-garis horizontal. Untuk menghindari adanya gangguan tangan jahil, casing ini dilengkapi dengan kunci pengaman khusus untuk panel depannya. Namun, CHIP menemukan masalah dengan panel depannya yang tidak terintegrasi secara baik dengan badan casing sehingga panel depannya dapat terlepas dengan sedikit dorangan pada sudut-sudutnya.


Instalasi aman dan nyaman
Di dalam paket penjualannya, CHIP menemukan sebuah toolbox yang berisi baut-baut thumbscrew yang sangat lengkap dan secara khusus disusun secara rapih untuk mendukung instalasi hardware. Ketika melakukan instalasi, CHIP tidak menemukan kesulitan berari karena adanya fitur toolles melaluit baut-baut thumbscrew tadi dan ditambah ukuran interiornya yang sangat luas. Selain itu, finishing dari casing ini sangat baik dengan tidak ditemukannya bagian-bagian tajam yang mengganggu keamanan dan kenyamanan saat installasi.


Di dalam interiornya yang sangat lega, diletakan enam buah 5.25” drive bay, dua buah 3.5” ext drive bay, dan enam buah 3.5” int drive bay. Sayangnya, CHIP tidak menemukan sebuah fan pun didalamnya. Terhitung terdapat dua buah slot fan 120 mm pada bagian depan dan bagian belakangnya. Sebaiknya, anda tambahkan fan pada slot-slot yang ada untuk menghindari terjadinya masalah kerusakan hardware di kemudian hari, apalagi mengingat kerja server umumnya yang sangat berat.


Dua PSU sekaligus
Kabar baik bagi Anda yang menggunakan hardware dalam jumlah yang banyak dan rakus daya, Ultima Tower memberikan sebuah slot tambahan lagi untuk PSU sehingga anda dapat menggunakan dua buah PSU sekaligus. Untuk kemudahan penggunaan dua PSU, PowerLogic menyediakan sebuah kabel khusus untuk menyatukannya.


Kesimpulan
Dengan harganya yang terjangkau, casing ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menggunakan komputer server maupun workstation berskala kecil. Dukungan dua buah PSU sekaligus menjadi senjata andalan dari casing ini. Casing ini juga menarik untuk menggantikan casing desktop anda.

 
Pendapat
Menurut saya artikel ini banyak memiliki kata asing yang dapat membingungkan pembaca yang masih awam terhadap teknologi hardware komputer. Sehingga masalah ini dapat menghalangi penyampaian informasi yang terkandung dalam artikel tersebut.
Namun dari segi penjelasan informasi tentang produk cukup baik, ini dapat dilihat dari penjelasan yang terperinci mengenai kelebihan dan kelemahan produk tersebut.


Saran
Menurut saya jika terdapat istilah asing, maka penulis harus memberikan penjelasan terhadap kata asing tersebut misalnya dengan memberikan catatan kaki atau penjelasan langsung melalui tanda kurung setelah kata asing itu. Sehingga semua informasi dapat di sampaikan kepada semua pembaca, baik ahli atau yang masih awam terhadap teknologi hardware komputer.


Kata yang tidak tepat dalam penulisan
  • Alinea 1, kalimat ke-2.
Untuk : lebih tepat menggunakan kata “sebagai”.
  • Alinea 2, kalimat ke-1
Diantara kata “casing server umumnya”, sebaiknya ditambahkan kata “pada” seperti ini “casing server pada umumnya”.
  • Alinea 2, kalimat ke-3
Dorangan : seharusnya “dorongan”
  • Alinea 5, kalimat ke-2
Kemudahan : lebih tepat menggunakan kata aktif, yaitu “memudahkan”.
  • Alinea 6, kalimat ke-2
“casing ini juga menarik” : lebih tepat diubah menjadi “casing ini juga dapat menjadi plihan menarik”


Pengertian istilah asing:
  1. Desktop : komputer untuk penggunaan pribadi, yang sering di letakan di atas meja kerja.
  2. Server : komputer yang bertugas melayani komputer lain dalam konsep jaringan client-server.
  3. Horizontal : terletak pada garis atau bidang yang sejajar atau garis datar.
  4. Toolbox : kotak yang berisi perangkat-perangkat (untuk proses instalasi).
  5. Thumbscrew : sejenis baut untuk memudahkan proses instalasi
  6. Tooless : istilah yang digunakan untuk menghilangkan penggunaan alat bantu.
  7. Finishing : penyelesaian atau akhir dari proses.
  8. Interior : ruangan yang berada di dalam.
  9. Drive bay : tempat dudukan untuk drive.
  10. Ext Drive bay : tempat dudukan untuk drive external.
  11. Int Drive bay : tempat dudukan untuk drive internal.
  12. PSU : akronim dari Power Supply Unit yaitu alat yang menjadi sumber daya bagi komputer.
 
Majalah CHIP edisi mei 2007

0 komentar:

Poskan Komentar