Kamis, 03 April 2014

Tulisan 6-Pemilihan Kata (diksi) dan Analisis diksi


1.      Browser web : (peramban ramatraya) adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web . Peramban web yang populer adalah Microsoft Internet Explorerdan Mozilla Firefox.
2.      File-file : (berkas) adalah identitas dari data yang disimpan di dalam sistem berkas yang dapat diakses dan diatur oleh pengguna. Sebuah berkas memiliki nama yang unik dalam direktori di mana ia berada.
3.      Vendor:  (pencatu/supplier) pihak ketiga yang menjadi produsen material – material perusahaan.
4.      Cracker: (perengah) sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data.
5.      Survei: (jajak pendapat) pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif 
6.     Plug-in: (colok-masuk) sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu peramban web atau klien surel, sebagai contoh). Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar colok-masuk dapat berinteraksi dengan program utama. Sebagai contoh, colok-masuk biasanya digunakan pada peramban web untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis berkas baru. Contoh colok-masuk yang dikenal adalah colok-masuk untuk Adobe Flash Player dan QuickTime. 
7.      Patching: (menambal)  software (biasanya berukuran kecil) yang didisain untuk memperbaiki, atau memperbarui suatu program komputer ataupun data-data yang didukungnya.
8.      Update: (pembaharuan) perintah yang digunakan untuk mendapatkan pembaharuan (update) terbaru dan melakukan sinkronisasi dengan versi yang ada pada CVS Server. Sebagai contoh, nomor revisi yang Anda miliki adalah 1.1 dan nomor revisi yang ada pada CVS Server adalah 1.2, sehingga bisa diketahui bahwa file sudah dimodifikasi oleh orang lain dan Anda belum mendapatkannya.
Menurut kami terdapat beberapa pilihan kata yang kurang cocok digunakan dalam artikel ini :
            Dalam membuat judul alangkah baiknya jika diganti “Jangan Lupa untuk Memperbarui Peramban web Anda”.
            Pada kalimat “..di seluruh dunia berisiko rentan…” kata berisiko sangat tepat jika dipakai ,biasanya ada yang salah menulisnya yaitu dengan beresiko.
            Alangkah baiknya jika di setiap bahasa asing disertai juga bahasa penyerapan dan penerjemahan di dalam bahasa Indonesianya.
            Pada kalimat “Membarui sistem keamanan browser…” kata membarui seharusnya diganti dengan memperbarui.
            Pada kalimat “Firefox paling aman” ,terkesan pada blog ini si penulis memihak kepada salah satu produk peramban web tersebut.Seharusnya kata ini tidak ada (dihapus).
            Pada kalimat “pengguna Firefox umumnya paling aman” meskipun secara fakta suveynya benar mengatakan bahwa firefox lebih aman,seharusnya penulis menulisnya “Menurut survey yang ada bahwa peramban firefox lebih aman”
            Pada kalimat “..yang gampang diakses” seharusnya “..yang mudah diakses”
Opini atau pendapat tentang kelebihan dan kekurangan artikel
1.      Kelebihan dari Artikel
-Artikel diatas mengajak kita para pengguna untuk lebih sadar akan keamanan computer dengan cara yang sederhana yaitu memperbarui peramban yang ada
-Banyak menggunakan istilah-istilah dibidang komputer yang simple,walaupun ada beberapa yang agak asing didengar.
-Artikel ini menyertai hasil survey yang ada ,serta turut menyertai pula kutipan-kutipan penting tentang fakta teori para peneliti
2.      Kekurangan dari Artikel
-Seharusnya dalam artikel ini memberikan pembeda antara bahasa asing ,yaitu dengan cetak miring
-Artikel ini terkesan memihak pada salah satu produk peramban
-Kurang gambar-gambar menarik (gambar hasil survey bias saja dibuat digramnya)
-Dari judulnya saja agak kurang tepat

 

 

0 komentar:

Poskan Komentar