Selasa, 08 April 2014

Tulisan 10-YouTube Hadirkan Streaming High Definition


Situs video YouTube mengumumkan kehadiran streaming video dengan kualitas high definition (HD) beresolusi 4.096 x 2.160 piksel atau dikenal dengan istilah 4K. Teknologi yang dinamakan VP9 ini akan dipamerkan melalui sebuah demo di ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas pekan depan.


Kesitimewaan teknologi ini, meski hadir dengan format kualitas tinggi, streaming video tidak akan memakan bandwidth dalam jumlah besar. Google sebagai pembuat YouTube memanjakan pengunjung dengan meminimalkan proses buffering saat video diputar.


Mereka berjuang keras memastikan agar fasilitas ini bisa dinikmati melalui beragam perangkat, termasuk televisi cerdas. Merek ternama seperti Sony, Panasonic, dan LG, akan menjajal video lewat televisi cerdas mereka. Dalam mengembangkan VP9, Google menggandeng sejumlah mitra yang terdiri dari ARM, Broadcom, Samsung, Nvidia, Mozilla, Qualcomm, Marvell, dan Toshiba.


Direktur Kemitraan YouTube, Fransisco Varela menyatakan, YouTube tidak mendukung generasi berikutnya dari teknologi video H.265 yang menjadi kompetitor VP9. »VP9 digunakan lewat koneksi internet, dukungan YouTube sangat bermanfaat bagi penggunanya,” ujar Varela seperti dikutip situs CNET, Jumat 3 Januari 2013.


Senior Manajer Produk dan Bisnis Google Chrome Web Media, Matt Frost menyebutkan royalti dari penggunaan VP9 akan disumbangkan kepada sejumlah organisasi, sekolah, dan programmer yang ingin menciptakan proyek video. »Dengan adanya VP9, kami dapat meningkatkan penggunaan internet secara signifikan,” kata Frost.


sumber : http://id.berita.yahoo.com/youtube-hadirkan-streaming-high-definition-124435080.html

0 komentar:

Poskan Komentar