Rabu, 16 April 2014

Tugas 2-Karya tulis



1.Kualitas karya tulis ditentukan oleh beberapa  aspek, yaitu :
    a.  Topik yang menarik
    b.  Mudah dipahami oleh pembaca
    Coba Anda jelaskan kedua aspek ini ! (Upload
    menjadi tugas 2)

A.  Topic yang menarik
Pengertian topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel. Topik harus mampu mencakup keseluruhan isi tulisan.

Topik harus menarik harus mampu menimbulkan rasa keingintahuan pembaca, pembahasannya tidak terlalu luas juga tidak perlu sempit untuk dikembangkan. Topik yang menarik dan unik pastinya tentu akan menarik orang untuk membaca. Topik yang menarik merupakan aspek yang penting dalam menulis karya ilmiah. Dan topik yang menarik dapat menunjukkan kualitas dalam karya ilmiah. Oleh karena itu ketika kita hendak menulis suatu karya ilmiah, hendaknya kita memikirkan topik yang menarik dan membuat orang tertarik dengan topik yang kita buat. 

B. Mudah dipahami oleh pembaca
Karya tulis yang dibuat mudah dipahami oleh pembaca, artinya karya tulis yang kita buat
dapat tersampaikan dengan baik kepada para pembaca, maksud dan isi inti dari karya tulis
yang dibuat dapat dengan mudah dimengerti oleh pambaca. Mudah dipahami atau tidaknya sebuah karya tulis ditentukan oleh Bahasa yang kita gunakan dalam menulis karya tulis tersebut. Bahasa yang digunakan dalam menulis karya tulis sangatlah berperan pada pemahaman para pembaca, semakin baku bahasa yang kita gunakan maka akan semakin sulit para pembaca mengerti karya tulis kita,  maka gunakanlah bahasa yang  tidak terlalu baku untuk membuat karya tulis, namun hindari juga pemakaian bahasa yang kurang sopan pada pembuatan karya tulis, seperti bahasa sehari-hari atau biasa kita sebut  dengan bahasa gaul.

Mudah dipahami oleh pembaca = Topik yang baik ialah yang tidak terlalu panjang, tidak terlalu baku akan tetapi mudah di pahami oleh pembaca. Untuk apa topik panjang ataupun bahasanya baku tetapi pembaca tidak dapat mengerti dan memahami. Lebih baik topik yang pendek, singat, padat, jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Mudah dipahami oleh pembaca merupakan nilai plus bagi penulis, karena tujuan ia (penulis) membuat karya tulis untuk dipahami oleh pembaca sudah terjawab. Oleh sebab itu hendaknya dalam membuat karya tulis kita tak hanya mementingkan kondisi sendiri, tetapi kita pun harus memperhatikan kondisi pembaca  agar sang pembaca pun senang dan memahami dengan apa yang kita tulis (buat). Mudah dipahami merupakan aspek yang mentukan kualitas karya tulis.

0 komentar:

Poskan Komentar